Senin, 29 April 2013

Tutorial Belajar SQLyog 2013

Bagian 1
Ketika beberapa waktu yang lalu mengambil mata kuliah praktikum PHP & MySQL, Oleh sang Dosen, kami selaku Mahasiswa hanya diperkenalkan dengan aplikasi command prompt (DOS). Dan karena aplikasi tersebut berbasis text, maka diperlukanlah pengkodingan dalam pembuatan database, tabel, input data, query, dll. Hal ini menurut saya sangat menyita sekali waktu perkuliahan sehingga dalam pengajarannya kurang efektif dan efisien. Alhasil, ilmu yang kami dapatkan pun sangatlah sedikit!  Dan  ketika selesai dalam perkuliahan, saya tertantang kembali untuk mempelajari PHP & MySQL, dan disaat itulah saya menemukan PHPmyAdmin yang menurut saya lebih User Frendly ketimbang menggunakan Command Prompt! Karena dengan menggunakan PHPmyAdmin, saya tidak perlu lagi terlalu direpotkan dengan pengkodingan yang rumit utk membuat sesuatu yang “kecil”! Tp setelah beberapa waktu kemudian, saya menyadari ternyata dugaan saya salah! Karena masih ada lagi aplikasi yang lebih bagus dari PHPmyAdmin yakni SQLyog! Nah lho?
Ok, karena aplikasi SQLyog ini menurut saya paling is the best, maka kali ini sengaja saya akan membuatkan tutorialnya untuk para pembaca sekalian.
Pertama-tama, kita harus punya aplikasinya tersebut. Jadi silahkan untuk browsing terlebih dahulu utk mencari dan mengunduhnya!
Buka aplikasi SQLyog dan hubungkan ke database!
 Isi password dengan password database kita!
 Kemudian kita dapat  membuat database misalkan dengan nama perpustakaan!

 Kemudian akan terbuka database perpustakaan seperti gambar di bawah ini :
Cara Pembuatan Tabel
Untuk membuat tabel di SQLyog kita cukup klik kanan di database dan pilih create tabel!
Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini:
Pada Gambar di atas menjelaskan bahwa kita bisa mengisi field-fieldnya beserta atributnya  sesuai dengan kebutuhan kita!
Setelah itu click create table dan akan muncul form di bawah ini:
Dari gambar di atas di jelaskan bahwa kita bisa mengisi nama tabel sesuai dengan keinginan. Setelah itu, apabila ada pertanyaan baru, maka Click yes jika kita ingin membuat tabel baru!
Bagian 2

Ok, setelah sebelumnya kita sudah belajar tutorial ttg cara membuat database dan tabel di SQLyog! Nah, kali ini kita akan mencoba melanjutkan pembahasan lagi  tentang SQLyog yang tentunya lebih keren dari tutorial yg sebelumnya! Cekidot!
Setelah kita berhasil membuat database dengan nama perpustakaan pada tutorial SQLyog dibagian pertama. Maka disini kita akan Menampilkan Isi dan Type Tabelnya. Cara pembuatan tabelnya masih sama seperti yg dulu, yakni pada halaman SQLyog dibagian frame kiri ada icon bergambar folder dengan label tables, nah klik kanan pada mouse dibagian tersebut, kemudian pilih create table! Adapun tabel utama yg akan kita buat adalah sbb:
1.       Tabel Buku
 2.       Tabel Penulis
3.       Tabel Penerbit
 4.       Tabel Anggota
 Setelah tabel utama yang tadi di atas telah kita buat, maka kitapun saat ini dapat membuat tabel –tabel relasinya.  Adapun tabel-tabel relasinya yang akan kita buat adalah  sbb:
1.       Tabel buku_penulis
 2.       Tabel buku_penerbit
 3.       Tabel buku_anggota
4.       Tabel kajian_buku
Setelah kita membuat tabel-tabel utama dan tabel relasi maka saatnya kita buat relasi yang menghubungkan tabel-tabel tersebut. Untuk membuatnya, silahkan lihat dihalaman SQLyog pada frame sebelah kanan. Disana pilihlah tab yg bernama Query Builder. Setelah itu silahkan di geser/drag dari tabel-tabel yg diperlukan untuk dimasukkan kedalam menu Query tersebut! Apabila sudah selesai, maka hasil akhirnya akan muncul seperti gambar berikut:
“Selamat Mencoba !!!”.
Lebih jelasnya masuk link Disini 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified